Olahraga Tradisional Indonesia, Ada yang Jadi Cabor SEA Games

Info Berita IndoIndonesia memiliki sejumlah olahraga tradisional dari berbagai daerah. Bahkan, ada beberapa tradisi yang termasuk ke dalam olahraga tradisional. Tak jarang juga, kegiatan ini dilombakan dalam perayaan HUT RI. Apa saja olahraga tersebut? Berikut penjelasannya. 

5 Olahraga Tradisional Indonesia

  1. Karapan Sapi

Seperti namanya, olahraga ini menggunakan tenaga sapi untuk memperoleh kemenangan. Mirip pacuan kuda, karapan sapi biasa dilakukan di sawah yang belum digarap atau lahan basah lainnya. Olahraga ini menekankan pada kelihaian dan keahlian penunggang sapi untuk sampai ke garis finish secepat mungkin. 

  1. Pathol 

Olahraga ini merupakan gulat tradisional yang berkembang di Kecamatan, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Pada masa Kerajaan Majapahit, pathol merupakan salah satu tes untuk mencari calon prajurit dan ksatria. Selain itu, olahraga pathol menjadi kebanggaan karena dapat meningkatkan taraf hidup keluarga prajurit. 

Saat ini, pathol sering digunakan sebagai pengiring dalam berbagai upacara keagamaan. Diantaranya seperti saat bulan purnama atau upacara sedekah laut di pantai. 

  1. Egrang

Olahraga ini sangat populer di Pulau Jawa. Pemain egrang akan menggunakan sepasang bambu untuk berjalan. Kegiatan ini tentu membutuhkan kemampuan fisik yang tinggi dan keseimbangan yang baik. Selain menjadi olahrga, egrang cukup dikenal sebagai permainan tradisional yang bisa dimainkan mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

  1. Lompat Batu

Olahraga dari Kepulauan Nias di Sumatera Utara berawal dari sebuah taktik perang. Kala itu, struktur batu digunakan sebagai benteng pertahanan. Di daerah asalnya, lompat batu dikenal dengan nama zawo-zawo. Olahraga ini terkenal berbahaya dan bukan untuk amatir. Lompat batu juga sering dipraktekkan dalam upacara-upacara tertentu. 

  1. Pacu Jalur

Pacu jalur merupakan perlombaan mendayung di sungai menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Olahraga ini awalnya hanya dilakukan di desa-desa sekitar Sungai Kuantan, Provinsi Riau. Biasanya, kegiatan ini berlangsung untuk memperingati hari besar keagamaan, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, dan Tahun Baru Muharam. 

Kini, pacu jalur sudah menjadi cabang olahraga resmi dalam ajang SEA Games. Selain itu, kompetisi nasional pacu jalur secara rutin setiap tahun. Kompetisi ini berlangsung setiap tanggal 23 hingga 26 Agustus. 

Sumber: Disway