Pemerintah Perkuat Perlindungan Sosial dengan Anggaran Rp 493,5 Triliun dalam RAPBN 2024

Info Berita Indo – Perhatian pemerintah terhadap perlindungan sosial (perlinsos) semakin kuat dalam Rancangan Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (RAPBN) tahun 2024. Anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 493,5 triliun dianggarkan, menunjukkan peningkatan sebesar 12,4% dari tahun sebelumnya. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan bahwa anggaran yang ditingkatkan ini mendekati anggaran perlinsos pada masa pandemi.

Sri Mulyani menegaskan komitmen pemerintah dalam mengurangi tingkat kemiskinan ekstrim dan mendukung kelompok masyarakat yang berada pada tingkat pendapatan terbawah. Di antara berbagai program perlinsos yang diberikan adalah Kartu Sembako, beasiswa, serta akses subsidi nonenergi seperti pupuk, KUR, PSO, dan subsidi energi seperti kompensasi dan subsidi BBM.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga telah menyoroti pentingnya pengalokasian anggaran perlinsos. Tujuan utamanya adalah untuk mempercepat penurunan tingkat kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, anggaran tersebut juga diarahkan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) jangka panjang guna memutus rantai kemiskinan.

Selain fokus pada penurunan kemiskinan, anggaran perlinsos juga diarahkan untuk penyempurnaan perlindungan sosial sepanjang hayat dan adaptif. Subsidi yang diberikan akan lebih tepat sasaran dan berdasarkan target penerima manfaat yang jelas. Basis data penerima manfaat juga akan ditingkatkan melalui penguatan data registrasi sosial ekonomi, guna memastikan bantuan tepat sasaran. Selain itu, pemerintah juga berkomitmen untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrim pada tahun 2024.

Dengan peningkatan anggaran perlindungan sosial yang signifikan ini, pemerintah menunjukkan keseriusan dan dedikasinya dalam menjaga kesejahteraan masyarakat. Program-program perlinsos yang dicanangkan akan memberikan dampak positif dalam memperkuat jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sumber : cnbcindonesia.com