PLN Pertimbangkan Gunakan Tiang Listrik di Pinggir Jalan sebagai Tempat Pengisian Kendaraan Listrik

Info Berita Indo – Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa PT PLN sedang mempertimbangkan penggunaan tiang listrik di pinggir jalan sebagai tempat pengisian daya kendaraan listrik. Hal ini disampaikannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Panja dengan Komisi VI DPR RI.

Darmawan menjelaskan bahwa PLN sepenuhnya mendukung akselerasi penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dan siap mendukung pasokan listrik yang andal. Saat ini, PLN telah menyediakan lebih dari 600 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Namun, PLN juga menghadapi tantangan terkait keterbatasan lahan parkir yang dimiliki perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, PLN sedang membangun strategi waralaba untuk membangun SPKLU di tempat-tempat strategis yang memiliki lahan parkir yang cukup, seperti Starbucks, McDonald’s, KFC, perbankan, perkantoran, dan mal. Melalui kerja sama dengan pihak-pihak tersebut, PLN berharap dapat memperluas jangkauan SPKLU.

Selain itu, PLN juga sedang mengembangkan sistem digital yang terhubung dengan dealer mobil. Ketika masyarakat membeli kendaraan listrik, tim PLN akan melakukan pengecekan terhadap daya listrik yang dibutuhkan oleh mobil listrik tersebut.

Darmawan juga menjelaskan bahwa saat ini sebagian besar pemilik mobil listrik masih melakukan pengisian daya di rumah atau home charging. Namun, PLN menyadari bahwa SPKLU akan lebih dibutuhkan untuk perjalanan jarak jauh. Oleh karena itu, PLN telah membangun SPKLU dari Jakarta sampai Bali, serta di beberapa lokasi di Pulau Sumatera.

Meskipun kebutuhan SPKLU di dalam kota masih tergolong kecil karena sebagian besar pemilik mobil listrik dapat mengisi daya di rumah, PLN tetap memperluas jaringan SPKLU untuk memenuhi kebutuhan perjalanan jarak jauh. Darmawan sendiri, sebagai pemilik mobil listrik selama empat tahun, mengakui bahwa ia jarang menggunakan SPKLU kecuali saat melakukan perjalanan luar kota.

Dengan upaya PLN dalam mengembangkan jaringan SPKLU yang lebih luas, diharapkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia semakin meningkat dan masyarakat semakin terdorong untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Sumber : detik.com